Selasa, 27 September 2011

PREFACE (FORWORD)

Blog ini dibuat dan disusun khusus untuk kalangan sendiri sebagai pegangan dan bahan diskusi bagi para internal auditor. Bagi pemula dan junior bisa sebagai bahan pelajran sedangkan bagi senior bisa dipakai sebagai  bahan diskusi.  
Didalam pembuatan blog ini, penyusun sepenuhnya sadar bahwa bahan-bahan nya masih jauh dari lengkap apalagi sempurna karena dipersiapkan dalam waktu yang sangat singkat untuk membantu para internal auditor yang pengetahuan dasarnya  bukan berasal  dari pendidikan displin ilmu audit sehingga cendrung akan merasa canggung dan binggung baik dalam bersikap (bertindak) dan pemahaman terhadap terminology-terminologynya.
Sebenarnya  Audit  ISO bukanlah merupakan suatu jenis audit yang baru bagi para auditor yang pernah memiliki latar belakang pendidikan dan pengetahuan Accounting dan Auditing. Bagi mereka ini telah pernah belajar dan mendalami displin ilmu Seminar Teori & Prinsip Prinsip Accounting , ilmu Controllership, dan ilmu Auditing.
Teori dan Prinsip prinsip Akuntansi khususnya bicara tentang General Accepted Accounting Principles (GAAP) yakni  tehnik tehnik pembuatan/ penyelengaraan laporan keuangan yang harus memenuhi prinsip dasar dan atau azas azas tertentu sehingga tercapai adanya keseragaman secara universal, dalam hal ini lebih banyak diketemukan/ dipakai/ diterapkan dalam laporan yang bersifat financial atau sering disebut financial audit.
Controllership, bicara tentang tehnik tehnik kepemimpinan (leadership), pengaturan (managerial), dan fungsi internal control (controllership) yang semuanya ditujukan untuk mencapai tujuan tujuan akhir dari perusahaan dengan baik, dan effisien & effektif serta pengamanan asset asset perusahaan termasuk sumber daya manusia (SDM), atau dalam hal ini lebih banyak dititikberatkan pada fungsi fungsi managerialnya  sehingga lebih sering disebut manajemen audit.  
Auditing,  pemelajaran (studi) nya lebih banyak dibicarakan tentang tehnik tehnik pemeriksaan dan program program pemeriksaan kedua jenis laporan diatas atau baik yang bersifat financial (historical cost, accrual, reconciliation, etc) maupun yang bersifat manajerial (cash flow, forescast, budget, rasio analysis, etc); kemudian dibicarakan  selanjutnya mengenai jenis dan tehnik penerbitan laporan laporan hasil pemeriksaan baik untuk financial audit maupun manajemen audit, yang harus tunduk pada pedoman atau standard Audit Procedures (SAP)/ SPAP (Standard Professional Akuntan Publik) dan International Financial Reporting Standards (IFRS)/ PSAK (Pernyataan Standard Akuntansi Keuangan). Jasa Audit selanjutnya yang lebih advanced adalah Special Audit yang diselenggarakan/ ditunjuk khusus untuk menemukan adanya terjadi kecurangan/ penggelapan (fraud), praktek tidak sehat (mal practice), dan atau window dressing (kecendrungan manajemen memanipulasi data untuk memberikan suatu gambaran/ performance yang dibuat menjadi lebih baik/ bagus dan atau penyembunyian data yang tidak/ kurang menguntungkan).
Pada hakekatnya atau semula, Profesi Audit ISO adalah bagian dan masih bagian dari ruang lingkup wilayah pekerjaan Auditor Publik dan Intern karena auditeenya adalah sama sama terkait dengan performance dan manajemen perusahaan. Namun berhubung dalam perkembangan dan perjalanannya profesi Akuntan/ Auditor Publik lebih banyak diarahkan pada audit financial sesuai dengan permintaan jasa dan kebutuhan pasar  sehingga penyusunan prinsip prinsip dasar dan prosedur serta norma pemeriksaan lebih diarahkan ke bidang financial dan oleh karena itu sering para auditor kehilangan bahan atau pegangan untuk melakukan  manajemen audit.
Perkembangan terakhir yang menggembirakan bagi dunia usaha (perusahaan) dan profesi auditor adalah dengan adanya muncul ISO (International Standard for Organization) atau suatu standard atau pedoman yang mengatur kreteria kreteria tertentu bagi  organisasi / perusahaan yang dapat memenuhi  manjemen mutu standard (QMS) dan dengan demikian organisasi/ perusahaan itu dapat dikatakan sehat dan atau berjalan sehat secara effektif dan effisien, yang pada akhirnya dapat mendukung manajemen financial yang sehat pula (secara implicit). Dan dengan adanya perkembangan ini, maka bagi para auditor yang berasal dari displin ilmu lainnya juga dapat berlaku sukses dari bekal ilmu dan pengalamannya dalam bidang manajemen yang cukup banyak didalam organisasi/ perusahaan walaupun tidak secara menyeluruh.
Demikianlah uraian/ penjelasan secara ringkas dari pembuatan/ penyusunan blog ini dan mudah-mudahan dapat  bermanfaat bagi kita semua. Mengingat isi dari blog ini masih banyak kekurang-kurangannya, maka diharapkan adanya saran dan komentar serta perbaikan dari para pembaca atau pengikut blog ini.
Akhir kata tidak lupa penyusun mengucapkan terima kasih banyak atas perhatian dan partisipasi anda.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar